Sabtu , Januari 29 2022
Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD

Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD

Jawaloker.com | Interview kerja jadi tingkatan awal yang perlu di lewati seorang saat sebelum bekerja dalam suatu perusahaan. Maka admin akan membagikan bagaimana tips interview kerja agar sukses menjawab pertanyaan HRD.

Pertanyaan interview kerja, pertanyaan interview dan jawabannya, interview bahasa inggris, kelebihan dan kekurangan saat interview, pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya, wawancara kerja, cara menjawab pertanyaan interview, pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya, interview kerja di pt, interview user.

Itu kerena, sebagai pelamar kerja kamu di wajibkan untuk lakukan beragam penyiapan sebelum lakukan interview kerja. Seperti yang kamu ketahui perusahaan membutuhkan komunikasi yang baik dari pelamar saat menjawab pertanyaan wawancara.

Disamping itu, proses interview kerja mempunyai tahapan-tahapan, dimulai dari interview HRD, calon atasan langsung serta berjumpa dengan dewan direksi. Itu kenapa, beberapa orang yang gugup saat interview kerja karena takut tidak lancar menjawab beragam pertanyaan dan tidak berhasil bekerja di sebuah perusahaan.

Oleh karenanya, kamu harus benar-benar waspada dan harus dapat jawab pertanyaan saat interview ketika kamu lakukan sesion interview dengan HRD atau sisi personalia. Masalahnya, bila kamu salah menjawab, proses lamaran kamu dapat di stop dan tidak di teruskan ke tahapan seterusnya.

Baca Juga : Panduan Interview Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Sukses

Tetapi sekarang kamu tidak perlu cemas, karena tim jawaloker.com akan memberi beberapa panduan sukses interview kerja khususnya untuk kamu yang baru saja lulus kuliah hingga bisa menyiapkan materi lebih matang.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas dahulu tema yang berkenaan tentang  “How to be Successful in a Job Interview”. Pelajari dan ketahui strategi sukses interview kerja ketika kamu telah lulus kuliah nanti.

Sebelum mengulas panduan sukses interview kerja, Admin akan memberi info berkaitan perubahan industri perusahaan yang telah makin maju. Satu di antaranya telah semakin ramai banyak muncul perusahaan startup yang berkembang cepat di Indonesia seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Ovo dan yang lain.

Startup ialah perusahaan yang baru meniti dan baru saja memulai usahanya. Biasanya, perusahaan startup merujuk beberapa perusahaan yang berbasiskan tehnologi. Di samping itu, perusahaan rintisan mempunyai team yang inovatif hingga dalam meningkatkan usahanya ikuti perubahan jaman.

Ketidaksamaan Perusahaan Startup dan Corporate

Kamu harus tau perbedaan antara perusahaan startup dan corporate sebelum melangkah dan mendapat jadwal interview denganya, misalnya:

1. Waktu Kerja

Tiap perusahaan mempunyai ketentuan waktu kerja yang berbeda. Begitupun dengan perusahaan startup dan corporate. Biasanya, perusahaan startup mengaplikasikan mekanisme jam kerja yang lebih kendur atau fleksibel. Dan, perusahaan corporate telah di rencanakan dan berkesan mengikat.

2. Budaya Kerja

Budaya kerja di startup umumnya lebih fun membahagiakan dan tidak resmi. Pegawai yang bekerja di startup di penuhi dengan beberapa orang inovatif yang mempunyai beberapa ide fresh. Sementara corporate biasanya benar-benar resmi dan ikuti semua ketentuan perusahaan.

Buka Artikel Terkait :  Pelatihan Gratis Bersertifikat Untuk Menambah Skill, Terbaru !!

3. Baju Kerja

Perusahaan startup pun tidak menuntut pegawainya kenakan pakaian resmi. Bahkan juga kamu dibolehkan memakai t-shirt dan celana jeans asal masih santun dan rapi. Berlainan dengan bekerja di perusahaan corporate, di mana semua pegawainya diwajibkan kenakan pakaian resmi.

4. Upah

Hal berlainan dari perusahaan startup dan corporate disaksikan dari upah. Bekerja di startup peluang memperoleh upah yang tidak besar dibandingkan corporate yang sudah lama memulai usahanya. Walau demikian, ada banyak perusahaan startup yang berani memberi upah semakin besar dari perusahaan corporate.

5. Peluang Meningkatkan Karier

Bekerja di perusahaan startup dapat membuat pegawainya dapat semakin meningkatkan karirnya dan kemampuannya. Masalahnya, pegawai di startup umumnya semakin sedikit daripada corporate. Dengan demikian, kamu tetap belajar beberapa hal baru dan meningkatkan diri semakin besar kembali.

Sesudah menerangkan ketidaksamaan perusahaan startup dan corporate, Admin selanjutnya akan memberi tips dan trik saat interview kerja dan pertanyaan apa yang sering di tanya oleh HRD Perushaan.

Baca Juga : Peluang Kerja Yang Jarang Diminati Padahal Menjanjikan

Tips Dan Trik Interview Kerja

Tips Interview Kerja Agar Sukses Menjawab Pertanyaan HRD

Sebenarnya ada banyak point utama yang perlu jadi perhatian oleh beberapa pelamar kerja, berikut admin rangkum pin pentingnya saja, yakni :

1. Membuat CV Yang Memikat

CV yang memikat akan mengundang perhatian faksi pewawancara, oleh karenanya berikut banyak hal yang perlu kamu catat dalam CV:

  • Membuat CV dengan design yang gampang di baca dan tidak sulit.
  • Sertakan pengalaman kerja atau magang yang sempat kamu kerjakan.
  • Catat kekuatan dan keterampilan yang kamu punyai.
  • Masukan omor telephone dan e-mail aktif supaya gampang saat dikontak.

2. Saat Di Hubungi HRD

Sesudah di panggil oleh tim HRD, berikut panduan dan triknya supaya proses interview berjalan mulus :

  • Yakinkan status lowongan kerja sesuai ketrampilan kamu.
  • Kerjakan research perusahaan lebih dulu saat sebelum interview.
  • Ketahui lokasi perusahaan jika akan lakukan face to face interview.
  • Datang sesuai dengan tanggal interview yang telah di tetapkan. Bila ingin menukar tanggal karena ada rintangan, selekasnya kontak HRD.
  • Pakai bahasa yang santun saat mwndapat panggilan kerja.
  • Cepat mengirimkan jika di suruh untuk melengkapi document.

3. Saat Interview

Sekarang interview kerja tidak cuman di laksanakan secara bertemu muka atau face to face, tetapi juga lewat online. Nah, berikut panduan dan trick-nya :

Interview Tatap Muka
  • Memakai baju dengan rapi dan santun.
  • Optimis dan tidak grogi saat jawab pertanyaan.
  • Memberi keterangan yang tidak berbelit.
  • Tidak menjelek-jelekan bekas atasan, mitra atau perusahaan tempat bekerja sebelumnya.
Interview Online
  • Yakinkan signal internet yang kamu pakai baik.
  • Jauhi keramaian dan cari yang lebih tenang.
  • Jauhi peluang kemungkinan masalah yang terjadi saat interview.
Buka Artikel Terkait :  Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Adalah

4. Sesudah Interview

Sesudah melalui beragam proses interview, setelah itu menanti berita dari HRD apa kamu di terima bekerja atau mungkin tidak. Bila di terima, umumnya HRD akan mengontak kamu dalam waktu satu sampai dua minggu. Bila dalam dua minggu tidak di kontak, maka kamu tidak di terima.

Untuk memastikan, kamu di bolehkan mengontak HRD tetapi harus memakai bahasa yang santun dan di laksanakan secara periodik atau mungkin tidak mengontak setiap waktu.

Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Oleh HRD

Interview kerja, selain memberi pertanyaan tentang kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu punyai. Tim HRD sering menanyakan sekitar personalitas kamu. Berikut sejumlah pertanyaan yang sering di tanyakan oleh HRDrkan dan tips menjawabnya :

1. What is your strength and weakness? (Apa kekurangan dan kelebihan kamu)

Pertanyaan itu mempunyai tujuan untuk ketahui dan menghitung personalitas, langkah kerja dan seperti apakah langkah kamu berbicara dalam lingkungan kerja baik dengan rekanan kerja satu team atau berbeda team.

Buka Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Dan Menarik HRD

Bila kamu memperoleh pertanyaan begitu, kamu dianjurkan untuk menjawab dengan jujur, tak perlu merendahkan diri tetapi tidak boleh terlampau tinggi hati, kamu tidak boleh memberi jawaban dengan mempersalahkan seseorang dan bikinlah daftar berkenaan keunggulan dan kekurangan kamu.

2. Where do you see yourself in five years? (Di mana kamu menyaksikan dirimu sendiri dalam 5 tahun kedepan)

Faksi pewawancara bertanya pertanyaan itu untuk ketahui bagaimana sudut pandang kekuatan kamu dan apa yang telah kamu siapkan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Hal itu menjadi satu diantara parameter berapakah lama kamu akan bertahan jadi pegawai di perusahaan itu.

Kamu diwajibkan untuk memberi jawaban yang memperlihatkan kesetiaan kamu, motivasi pada tugas dan memperlihatkan ketertarikan tugas yang dilamar. Tetapi jawablah secara rasional dengan tidak begitu membesar-besarkan yang bahkan juga berkesan tidak logis.

3. Why we should hire you? (Kenapa kami harus mengaryakan kamu)

Arah dari pertanyaan itu agar semakin meyakinkan faksi recruiter atau pewawancara supaya tidak salah pilih calon yang hendak bekerja di perusahaannya.

Jawabnya termasuk simpel, kamu perlu konsentrasi dengan kwalifikasi yang kamu punyai, pastikan jika kamu bisa beradaptasi dengan budaya perusahaan itu dan memperlihatkan jika kamu sebagai individu yang pintar dan membahagiakan.

Buka Juga : Cara Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Nah, ituliah beberapa tips interview kerja yang penting dan harus kamu siapkan dengan matang. Kamu perlu konsentrasi kuliah sambil terus meningkatkan soft skill kamu agar nantinya kamu bisa bekerja di perusahaan impianmu, setelah lulus kuliah nanti. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *