banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna

Banyak Barang Yang Memiliki Nilai Jual Lebih Tinggi, Contoh Dari Nilai Guna ?

Jawaloker | Kita akan bahas soal ini “banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna?”

Untuk penjelasan dari soal di atas, simak artikel yang admin buat di bawah ini. Agar kamu tidak kesulitan ketika menjawab soal, banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna ?

Nilai Guna Atau Di Sebut Juga Manfaat Barang

Manfaat barang di sebut sebagai nilai guna, dalam bahasa inggris di sebut dengan Utility. Di kutip dari Kamus Ekonomi, nilai guna (Utility) di artikan sebagai kepuasaan dan kenikmatan yang didapat seorang dari mengkonsumsi atau menggunakan barang tertentu.

Nilai guna (Utility) barang ialah sebuah nilai atas manfaat yang didapatkan dari pemakaiannya baik itu memiliki sifat nyata atau mungkin tidak riil. Nilai guna mengarah pada kepuasan seorang dari konsumsi beberapa barang atau menikmati layanan tertentu.

Dua Macam Nilai Guna

Makin tinggi kepuasan konsumen, makin tinggi juga nilai guna konsumen dalam penuhi keperluannya. Ada dua pemahaman berkaitan nilai guna dari satu barang atau jasa yakni nilai guna keseluruhan dan nilai guna marjinal.

  1. Nilai Guna Keseluruhan, ialah jumlah semua kepuasan yang didapat dari konsumsi beberapa barang tertentu.
  2. Nilai Guna Marjinal, ialah tambahan (atau pengurangan) kepuasan sebagai karena dan tambahan (atau pengurangan) pemakaian satu unit barang tertentu.

Pemahaman utility dalam analitis sikap konsumen memiliki arti faedah yang di rasakan dari konsumsi satu barang atau kepuasan yang didapatkan dari barang / jasa itu. Maka utility sebagai satu yang subjektif, bergantung pada konsumen yakni seberapa jauh keperluannya tercukupi.

Contoh Soal :

Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna ?

A.Kepemilikan

B.Waktu

C.Tempat

D.Bentuk

Jawabannya ialah D ( Bentuk)

Nilai guna yang di rasa konsumen bisa terjadi pada saat kepuasan konsumen itu terwujud. Berikut penjelasan dari soal di atas.

Jenis – Jenis Nilai Guna

banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna

Banyak barang yang mempunyai nilai jual semakin tinggi sesudah di proses lebih dulu, satu diantaranya ialah kacang kedelai semakin lebih berharga bila dibuat jadi susu kedelai. Ini sebagai salah satunya contoh dari nilai guna Bentuk.

Teori utility ( Nilai Guna) kerap dipakai sebagai pendekatan dalam menerangkan sikap konsumen. Dasar masalah ekonomi yang di temui oleh tiap orang dalam peranannya sebagai konsumen memerlukan berbagai barang dan jasa yang semuanya wajib disertai dengan kekuatan beli.

Buka Artikel Terkait :  Menghormati, Menjamin Dan Melindungi Hak Asasi Manusia Lainnya Disebut

Ada 6 tipe nilai guna (utility) yakni seperti berikut :

1. Nilai Guna Dasar (Element Utility)

Benda atau barang itu akan bermanfaat dan di perlukan dan dapat di rasakan langsung dan riil oleh panca indra manusia. Seorang langsung akan memberi komentar atau langsung bisa secara mudah memiliki pendapat saat memperoleh faedah dari barang itu, Contoh : Makan Buah-buahan.

2. Nilai Guna Bentuk (Form Utility)

Benda dapat bermanfaat untuk manusia sesudah di ganti memiliki bentuk seperti keinginan. Bentuk yang dimaksud ialah bentuk yang lebih berguna daripada bentuk aslinya . Maka, produk akan mempunyai nilai guna bentuk semakin tinggi bila ada peralihan bentuk berbahan pembikin produk itu.

Misalnya kain di ganti jadi pakain jadi ( Hem, baju, celana, jaket dll), contoh lain ialah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai.

3. Nilai Guna Waktu (Time Utility)

Kegunaan waktu maknanya benda semakin lebih benar-benar bermanfaat dan berguna jika dipakai dengan seharusnya pada waktu yang pas dan tepat. Contoh: Payung / jas hujan dipasarkan di saat musim penghujan. Ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan nilai guna waktu dari produk itu.

4. Nilai Guna Tempat (Place Utility)

Benda semakin lebih bermanfaat untuk manusia sesudah di alihkan pada tempat yang seharusnya. Nilai guna tempat bisa dioptimalkan dengan jadikan produk bisa di capai oleh konsumen pada waktu yang akurat. Untuk capai hal itu, efektifitas, dan efektivitas benar-benar di perlukan.

Contoh: Pasir di sungai di alihkan ke kota dan kayu di rimba dipindah ke kota dipakai sebagai bahan bangunan.

5. Nilai Guna Pelayanan (Service Utility)

Benda akan bermanfaat bila ada jasa pelayanan, maknanya barang itu bisa memberi kepuasan pada pribadi yang memakainya. Misalnya ialah Tv akan bermanfaat jika ada tayangan yang ada dan sama sesuai topik.

6. Nilai Guna Hak Milik (Possession Utility)

Benda jadi bermanfaat sesudah dipunyai, Ini berarti nilai guna produk yang terkait dengan peralihan kepemilikan produk dari 1 orang pada orang lain. Nilai guna kepemilikan tercipta saat seorang konsumen beli satu produk dari produsen untuk penuhi keperluannya.

Misalnya ialah Buku yang di toko akan jadi lebih bermanfaat sesudah di membeli oleh konsumen. Dengan mempunyai satu barang, seorang dapat memakai secara bebas (mendapat kontrol penuh) atas barang itu.

Dari jenis nilai guna (utility) yang admin sebut di atas, secara tidak langsung akan menjawab pertanyaan yang kita ulas di awal. Buat kamu yang cari jawaban dari pertanyaan itu, seharusnya baca lagi pembahasan admin di atas ya.

Jadi jawaban dari “Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna ?” ialah Nilai Guna Bentuk (Form Utility).

Buka Artikel Terkait :  Imperialisme Kuno Yang Dipelopori Oleh Portugis Dan Spanyol Mempunyai Semboyan

Pendekatan Nilai Guna (Utility)

Ada 2 pendekatan dalam mengoptimalkan nilai guna (utility) yakni seperti berikut:

1. Pendekatan Nilai Guna Marjinal (Marginal Approach)

Pendekatan marjinal kerap di maknai sebagai saluran subyektif atau penilaian subyektif dari faedah yang di berikan dari satu barang. Maknanya tinggi rendahnya nilai guna satu barang bergantung pada subyek yang memberi penilaian.

Jadi satu barang akan memberi nilai guna yang tinggi jika barang dimaksud memberi daya guna yang tinggi untuk si pengguna. Misalkan, sebuah dayung perahu akan memberi daya guna yang tinggi untuk nelayan dibanding untuk pemain badminton.

Rumus Nilai Guna Marjinal, seperti berikut:

Rumus Nilai Guna Marjinal

Dalam kesamaan di atas, MU ialah nilai guna kardinal dan PA, PB, dan PC ialah harga barang A, barang B, dan barang C. MU barang A = P barang A ,dan lain-lain

Maknanya kepuasan paling tinggi yang diraih seorang jika dia konsumsi barang A pada harga itu (PA) ialah jika nilai guna marjinalnya sama pada harga yang dibayar untuk barang A.

2. Pendekatan Nilai Guna Ordinal (Ordinal Approach)

Dalam pendekatan ordinal besarnya nilai guna bisa di kalkulasi dengan memakai pendekatan nilai relatif. Yakni lewat order atau ranking, Dalam pendekatan ordinal ini tingkat kepuasan bisa diurutkan dalam tahapan-tahapan tertentu, misalkan rendah, sedang, tinggi.

Ringkasan

Demikianlah yang dapat admin berikan berkenaan materi Nilai Guna atau utility. Bila kamu mendapati soal Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna ?” ialah Nilai Guna Bentuk (Form Utility).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.